Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kendala yang dihadapi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam menghafal nama latin tulang dan dampaknya terhadap pemahaman sistem rangka manusia serta prestasi belajar biologi. Identifikasi masalah menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menghafal nama-nama latin tulang yang kompleks, memiliki minat belajar yang rendah, dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kendala dalam menghafal nama latin, seperti kompleksitas bahasa latin, jumlah nama yang banyak, kurangnya minat, dan metode pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran yang efektif sebagai solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan siswa dan guru, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi siswa, guru, dan sekolah dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi, khususnya dalam materi sistem tulang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi sistem tulang, serta memberikan alternatif metode pembelajaran yang inovatif bagi guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025