J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Keputusan Pembelian Melalui Fitur Belanja Tiktok Shop: Perspektif Pengalaman Pengguna dan Live Shopping

Deni, Reza Sulpan (Unknown)
Jati, L. Jatmiko (Unknown)
Assa'ady, M. Chothibul Umam (Unknown)
Anggriani, Rini (Unknown)
Wardi, Putri Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Perdagangan global e-commerce terus mengalami pertumbuhan signifikan dengan pendapatan global diperkirakan mencapai USD 6,3 triliun pada tahun 2024. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia yaitu sebesar 34% per tahun. Tiktok Shop telah menjadi salah satu platform favorit masyarakat Indonesia, dikarenakan kemampuannya dalam menggabungkan hiburan dengan belanja. Pada tahun 2023, lebih dari 50 juta orang Indonesia menggunakan Tiktok Shop dan sekitar 20% mereka secara aktif melakukan pembelian melalui Tiktok Shop. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel user experience, ease of use application, dan live shopping terhadap keputusan pembelian melalui fitur belanja Tiktok Shop di Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitaif dengan pendekatan asosiatif dan kausalitas. Jumlah sampel sebesar 130 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel user experience (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel ease of use application berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel live shopping (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. User experience, ease of use application, dan live shopping berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...