Batik sebagai identitas bangsa dan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO 2009 sudah semestinya untuk terus dikembangkan. Halobali merupakan sebuah lifestyle brand berbasis batik modern yang berpusat di Busan, Korea Selatan. Halobali ingin memperkenalkan batik dan gaya baru kepada masyarakat Korea Selatan. Namun sayangnya, sebanyak 95,7% pemuda Korea Selatan yang tidak mengetahui brand Halobali (berdasarkan data kuesioner yang penulis lakukan). Dilihat dari potensi yang ada, hal ini tentu sangat disayangkan. Dalam penelitian ini ingin berfokus pada perancangan media iklan digital Halobali untuk dapat mengoptimalkan pemasaran dan meningkatkan kesadaran merek diantara masyarakat lokal Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif wawancara, observasi, dan kuesioner. Berdasarkan analisis data tersebut, media iklan digital dirancang sebagai sebuah upaya pendekatan pemasaran dan solusi dari permasalahan. Melalui perancangan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran merek sekaligus membantu menjalankan visi merek dalam memperkenalkan batik di Korea Selatan maupun kancah internasional yang lebih luas.
Copyrights © 2025