Peternakan memiliki peran penting dalam penyediaan pangan dan menopang ekonomi di Indonesia. Namun, pemahaman anak-anak sekolah dasar terhadap pentingnya hewan ternak masih rendah. Berdasarkan survey di lapangan, metode pembelajaran seperti penggunaan buku teks dan ceramah cenderung kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, perlunya inovvasi media pembelajaran yang edukatif, simulatif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain karakter dalam board game “Peternak Cilik” sebagai media pengenalan hewan ternak untuk siswa kelas 4-6 SD. Metode yang digunakan bersifat kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, FGD, observasi, dan studi literatur. Data analisis menggunakan metode fishbone dan 5W+1H. Board game ini bertujuan untuk memperkenalkan jenis hewan ternak, ciri-ciri, dan manfaatnya, sekaligus melatih keterampilan problem solving dan interaksi sosial anak-anak. Diharapkan media ini dapat menjadi solusi pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025