J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Analisis Konten Edukasi Tuli di Tiktok @Assyiffadindha dalam Membangun Engagement

Gumilang, Gita Gianty (Unknown)
Santoso, Hudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Komunikasi menjadi aspek penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya ialah komunikasi nonverbal. Saat ini, berkomunikasi dapat dilakukan melalui media sosial yang telah berkembang menjadi alat untuk menciptakan komunikasi inklusif bagi para disabilitas, khususnya para disabilitas Tuli. @assyiffadindha merupakan salah satu kreator yang membuat konten edukasi mengenai bahasa isyarat di platform TikTok. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis konten edukasi bahasa isyarat dalam membangun engagement dengan audiens berdasarkan teori dimensi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menganilisis video di TikTok @assyiffadindha yang diperkuat dengan tinjauan literatur dari berbagai sumber yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @assyiffadindha mampu menyajikan aspek dimensi komunikasi untuk membangun engagement melalui unggahan konten edukatif mengenai Bahasa isyarat yang dibagikannya di TikTok. Hasil penelitian juga menunjukkan media sosial mampu membantu @assyiffadindha mengatasi keterbatasannya dalam berkomunikasi melalui fitur-fitur yang telah disediakan oleh platform TikTok, seperti membuka fitur kolom komentar. Strategi ini dapat diadopsi oleh para kreator disabilitas untuk menyuarakan suaranya di media sosial sehingga dapat lingkungan yang inklusif bagi para disabilitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...