J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Peran Komunikasi Antar Generasi Dalam Membangun Literasi Digital

Lutfiyah Handayani (Unknown)
Aditya Rachmayanti, Feby (Unknown)
Afqira Syafa’ati Sya’ban (Unknown)
Ike Junita Triwardhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran komunikasi antargenerasi dalam membangun literasi digital sebagai strategi untuk menangkal penyebaran hoaks, khususnya di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Cianjur. Di tengah perkembangan teknologi digital yang pesat, masyarakat dari berbagai kelompok usia menghadapi tantangan dalam menyaring dan memahami informasi yang beredar di media sosial. Perbedaan karakteristik antara generasi Baby Boomer, Generasi X, Milenial, hingga Generasi Z menyebabkan terjadinya kesenjangan dalam kemampuan mengakses, memahami, dan memverifikasi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi muda cenderung lebih melek teknologi dan mampu menjadi fasilitator informasi digital bagi generasi yang lebih tua. Sementara itu, generasi yang lebih senior memiliki nilai-nilai kehati-hatian dan kemampuan berpikir kritis yang penting dalam proses verifikasi informasi. Dinas Komunikasi berperan sebagai penghubung melalui pelatihan, kampanye edukatif, dan pemanfaatan berbagai platform media sosial untuk mendorong keterlibatan publik. Kolaborasi antargenerasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat dan memperkuat ketahanan terhadap hoaks. Dengan demikian, komunikasi antargenerasi menjadi elemen strategis dalam membentuk masyarakat yang inklusif, kritis, serta tangguh menghadapi tantangan informasi digital di era modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...