Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia, Untuk mendapatkan sumberdaya manusia yang berkualitas perlu memperhatikan beberapa faktor yang saling berkait, antara lain faktor infra struktur pendidikan, kurikulum, tenaga kependidikan dan peran serta masyarakat.oleh karena itu guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Media pendidikan yang berupa peta dipilih dalam penelitian ini mengingat media  peta  merupakan  media  yang tidak memerlukan tempat yang luas dan mudah digunakan. Bagaimana penerapan media peta dalam meningkatkan hasil balajar siswa dalam menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk muka bumi. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan dengan dua siklus, terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada pembelajaran siklus I, hasil tes siswa mengalami peningkatan sebesar 33,11% yaitu dari hasil ulangan prasiklus 61,08 menjadi 73,65 Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tes siklus I pertemuan pertama dan hasil siklus I pada pertemuan ke dua meningkat menjadi 74,70. Pada siklus II baik pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 89,47 % . sedangkan batas minimal ketuntasan 70 dan rerata yang di peroleh siswa pada pertemuan pertama   80,54 menjadi 85,54.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015