Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas Dan Berakhlak Mulia
Vol 5, No 2 (2015): Madaniyah (Edisi Agustus 2015)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menginterprestasikan Peta Tentang Pola dan Bentuk Muka Bumi Melalui Media Peta Kelas IX SMP Negeri 2 Ampelgading Pada Semester II Tahun Ajaran 2014 / 2015

Sriningsih, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2016

Abstract

Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia, Untuk mendapatkan sumberdaya manusia yang berkualitas perlu memperhatikan beberapa faktor yang saling berkait, antara lain faktor infra struktur pendidikan, kurikulum, tenaga kependidikan dan peran serta masyarakat.oleh karena itu guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Media pendidikan yang berupa peta dipilih dalam penelitian ini mengingat media  peta  merupakan  media  yang tidak memerlukan tempat yang luas dan mudah digunakan. Bagaimana penerapan media peta dalam meningkatkan hasil balajar siswa dalam menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk muka bumi. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan dengan dua siklus, terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada pembelajaran siklus I, hasil tes siswa mengalami peningkatan sebesar 33,11% yaitu dari hasil ulangan prasiklus 61,08 menjadi 73,65 Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tes siklus I pertemuan pertama dan hasil siklus I pada pertemuan ke dua meningkat menjadi 74,70. Pada siklus II baik pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 89,47 % . sedangkan batas minimal ketuntasan 70 dan rerata yang di peroleh siswa pada pertemuan pertama   80,54 menjadi 85,54.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

madaniyah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini ...