Kualitas pelayanan publik pemerintah desa merupakan faktor utama dalam keberhasilan pembangunan pada tingkat desa. Kualitas pelayanan publik berpengaruh langsung terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam memperoleh pelayanan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan aparatur desa mengenai kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi survei, pelatihan, dan evaluasi dengan memberikan pre-test dan post-test kepada 45 peserta. Peserta pelatihan terdiri dari 10 perangkat desa dan 35 masyarakat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta mengenai kualitas pelayanan publik yang merupakan faktor penting dalam pembangunan desa. Keberhasilan kegiatan diukur melalui beberapa indikator, di antaranya: (1) pengetahuan mengenai prinsip pelayanan publik di pemerintahan desa, (2) pentingnya peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan desa, (3) penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan, (4) faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan, (5) kesulitan yang dialami dalam memperoleh pelayanan, (6) kendala utama dalam mendapatkan pelayanan, dan (7) langkah efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 93% peserta mengalami peningkatan pemahaman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025