SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan
Vol 12 No 1 (2025): JURNAL SEUNEUBOK LADA

Peran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Membangun Sekolah Ramah Damai Di Era Kurikulum Merdeka

Faddila, Ismura (Unknown)
Sutrisno, Imam Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Dalam era kurikulum Merdeka, sekolah dituntut menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung perdamaian dan toleransi. Sekolah ramah damai menjadi konsep penting yang menekankan terciptanya suasana harmonis, bebas diskriminasi , serta mendorong kolaborasi antarwarga sekolah. P5 hadir sebagai strategi untuk mengintegrasikan nilai-nilai pancasila dalam praktik pendidikan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran P5 dalam membangun sekolah ramah damai melalui pendekatan kualitatif studi kasus di SMAN 2 Patra Nusa Manyak Payed, Aceh Tamiang. P5 dijalankan melalui proyek tematik berbasis nilai seperti kebhinekaan, gotong royong, dan demokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P5 berkontribusi dalam membentuk karakter siswa yang toleran, solutif, dan inklusif, sekaligus memperkuat solidaritas sosial antar siswa. Termuan ini memberikan bukti empiris yang mendukung kebijakan Kurikulum Merdeka sebagai upaya penguatan pendidikan karakter dalam sistem pendidikan nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsnbl

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The Seuneubok Lada journal only publishes scientific works resulting from empirical and theoretical research to develop science. The focus of the Seuneubok Lada Journal is the field of historical education, social history and culture. History education includes the study of history education in ...