Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran berbasis tim dalam meningkatkan kolaborasi mahasiswa di lingkungan kampus. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan penelitian kualitatif; sampel terdiri dari twenty jurnal nasional terbitan 2020–2025 yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan relevansi dan kualitas, serta keterkaitan dengan tema kolaborasi dan model pembelajaran tim. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi literatur primer, sedangkan variabel penelitian meliputi penerapan model pembelajaran berbasis tim sebagai variabel independen dan tingkat kolaborasi mahasiswa sebagai variabel dependen. Analisis data diterapkan menggunakan analisis konten tematik untuk menidentifikasi pola penerapan, faktor pendukung, dan dampak model terhadap interaksi antarmahasiswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model berbasis tim—meliputi pembentukan kelompok heterogen, tugas bersama, dan penghargaan kelompok—secara konsisten meningkatkan kemampuan komunikasi, saling menghargai, serta penyelesaian tugas secara kolaboratif. Kesimpulannya, model pembelajaran berbasis tim terbukti efektif memperkuat kolaborasi mahasiswa, dan direkomendasikan sebagai strategi pedagogis utama dalam kurikulum perguruan tinggi yang menekankan kerja sama tim dan pengembangan soft skill.
Copyrights © 2025