Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 4 (2024): October

The Correlation of Junior High School Students’ Self-Confidence and Mathematical Problem-Solving Ability

Lioni Anka Monalisa (University of Jember)
Arika Indah Kristiana (University of Jember)
Edy Wihardjo (University of Jember)
Saddam Hussen (University of Jember)
Fiorent Annastasia Putri (University of Jember)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Abstrak Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa, dan kepercayaan diri diyakini memiliki kontribusi signifikan terhadap pencapaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri (self-confidence) dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian adalah 87 siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui angket kepercayaan diri dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai rata-rata kepercayaan diri siswa adalah 96,08 dengan kategori dominan berada pada tingkat sedang (74,71%). Hasil analisis korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, maka semakin baik kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal-soal matematika secara problematis. Implikasi dari temuan ini menunjukkan pentingnya strategi pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga afektif siswa, seperti penguatan rasa percaya diri guna mendukung keberhasilan akademik, khususnya dalam pembelajaran matematika. Abstract Mathematical problem-solving ability is one of the essential competencies students must possess, and self-confidence is believed to significantly contribute to its achievement. This study aims to determine the correlation between self-confidence and junior high school students’ mathematical problem-solving ability. The research employed a quantitative method with a correlational design. The subjects were 87 eighth-grade students at SMP Negeri 12 Jember during the even semester of the 2023/2024 academic year. Data were collected through a self-confidence questionnaire and a mathematical problem-solving test. Based on descriptive analysis, the average self-confidence score was 96.08, with the majority (74.71%) falling into the average category. The results of the correlation analysis showed a positive relationship between self-confidence and mathematical problem-solving ability. The conclusion of this study indicates that the higher the level of students’ self-confidence, the better their ability to solve mathematical problems. The implications of these findings highlight the importance of learning strategies that focus not only on cognitive aspects but also on students’ affective domains, such as enhancing self-confidence to support academic success, particularly in mathematics learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...