Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 3 (2025): May

Penerapan Model Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Makna Sila Pancasila Siswa Kelas 3 SD Negeri Balowerti

Hasanah, Uswatun (Unknown)
Sulistiono (Unknown)
Riris Setya Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian akademik peserta didik kelas III SD Negeri 3 Balowerti Kediri pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan materi makna sila pancasila dengan mengimplementasikan pendekatan Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kertas tempel. Dalam penelitian diterapkan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dijalankan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi langkah-langkah sistematis mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 70,00 pada siklus pertama dengan tingkat ketuntasan 46,15% menjadi 83,08 pada siklus kedua dengan tingkat ketuntasan 76,92%. Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kertas tempel berhasil memicu semangat dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar. Selain itu dapat membangun lingkungan belajar yang nyaman dan mendorong komunikasi antar peserta didik. Sehingga model Teams Games Tournament terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatanĀ  peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...