Penelitian ini dilaksanakan bertujuan mendapatkan data terkait pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang dipadukan presentasi PowerPoint (PPTX) terhadap pengetahuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus I Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan mengambil sampel secara acak, penelitian ini dilaksanakan dengan membedakan dua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol, kelompok eksperimen diajarkan dengan metode NHT yang didukung presentasi multimedia, dan kelompok kontrol menerapkan metode konvensional atau tradisional. Tujuannya yakni, membandingkan efektivitas kedua pendekatan tersebut terhadap pemahaman konseptual matematika siswa. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan pemahaman matematis yang lebih baik yang berbanding terbalik dengan kelompok kontrol yang lebih rendah. Hal ini menjadi penanda pengintegrasian strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan presentasi PPTX mampu mewujudkan lingkungan belajar yang lebih menarik dan relevan, sehingga membantu siswa lebih memahami konsep matematika. Capaian dari penelitian ini menekankan pentingnya penerapan pendekatan yang kolaboratif kemudian dipadukan dengan perangkat multimedia pada pendidikan dasar. Pendekatan seperti ini tidak hanya berpengaruh pada hasil berupa partisipasi saja, akan tetapi terhadap penafsiran konseptual siswa juga lebih mendalam dibandingkan sebelumnya, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi akademik matematika. Secara keseluruhan, penelitian ini mendukung gagasan bahwa teknik pengajaran inovatif, terutama yang meningkatkan interaksi dan menggunakan perangkat digital, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pelajar muda dalam menguasai mata pelajaran yang menantang seperti matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025