Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS)
Vol. 4 No. 2 (2025): Juni

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BINTARYA (BINGO TATA SURYA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BINTARYA (BINGO TATA SURYA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA

Paramita, Siska (Unknown)
Irdalisa (Unknown)
Hikmat, Ade (Unknown)
Mega Elvianasti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pencapaian pembelajaran IPA pada abad ke-21 akan diwijudkan dengan melakukan reformasi mutu pendidikan, membantu perkembangan peserta didik dan salah satunya meningkatkan motivasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) pada materi tata surya untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 30 siswa yang dipilih melalui cluster sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket, dengan validitas ditentukan oleh indeks Aiken dan reliabilitas dinilai menggunakan koefisien alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) mengalami peningkatan pada motivasi belajar peserta didik, sebelum mendapat perlakuan sebesar 56,7 % dan setelah perlakuan rata-rata skor meningkat menjadi 93,3 %. Hasil analisis yang mengukur motivasi belajar memiliki motivasi rendah sebanyak 2 orang atau 6,7%, motivasi sedang sebanyak 27 atau 90%, dan motivasi tinggi sevabyak 1 atau 3,3%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan Media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) sudah cukup baik dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JRIPS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS) terbit sejak tahun 2022, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Merupakan jurnal penelitian yang menyajikan artikel-artikel dalam 2 bidang ilmu yaitu pendidikan sains (Kurikulum, Inovasi, Media, Assesment, Evaluasi, Manajemen dan Kebijakan, studi ...