Jurnal Vicidi
Vol 15 No 1 (2025): VICIDI

Pengaruh Branding dan Pemasaran Digital Terhadap Perkembangan UMKM

Christine, Jessica (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas penerapan strategi branding dan pemasaran digital pada UMKM yang sudah maupun belum menerapkan secara masif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan terstruktur terhadap 3 UMKM serta studi literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan branding dan pemasaran digital yang konsisten, tepat, dan efektif dapat meningkatkan penjualan UMKM serta menumbuhkan loyalitas konsumen. Selain itu, UMKM yang mempunyai keterbatasan sumber daya seringkali kesulitan menerapkan branding dan pemasaran digital, sehingga diperlukan bantuan eksternal. Penelitian ini menunjukkan bahwa branding dan pemasaran digital tidak hanya efektif dalam jangka pendek, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang antara UMKM dan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

vicidi

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Vicidi Journal is published twice a year in June and December by the Visual Communication Design Department of Ciputra University. Vicidi Journal contains the results of research on theory, planning in the creative industry in general, implementation and design management, especially in the field of ...