Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen
Vol 7, No 1 (2024): Maret 2024

Locus Of Control, Intelectual Capital Dan Implementasi Fintech Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM Di Kota Medan

Julita, Julita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran yang sangat besar. Potensi UMKM di Indonesia dapat menjadi faktor utama penggerak ekonomi bisnis. Salah satu yang harus dilihat yaitu pembangunan nasional di Indonesia pada bidang perekonomian usaha mikro, kecil menengah (UMKM) telah memberikan kontribusi dalam perkembangan perekonomian secara nasional maupun lokal, salah satunya adalah melalui pajak. UMKM merupakan penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Maka dari itu dibutuhkan locus of control, pengetahuan intellectual, implementasi fintech dalam menjalankan kegiatan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh locus of control, pengetahuan intellectual, dan implementasi fintech terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 130 responden pada pelaku UMKM di Kota Medan dengan penarikan sampel menggunakan rumus Hair. Dengan pengolahan data menggunakan SmartPLS (Parcial Least Square) versi 4. Aplikasi ini juga digunakan untuk menguji atau mengetahui bagaimana hubungan variabel locus of control, intellectual capital, dan implementasi fintech terhadap kinerja UMKM di Kota Medan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Locus of Control berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM, Intelctual Capital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM dan Implementasi Fintech berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM di Kota Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MANEGGIO

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

MANEGGIO adalah jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah hasil riset di bidang manajemen, khususnya: Manajemen keuangan; Manajemen sumber daya manusia; Manajemen pemasaran; Manajemen bisnis dan kewirausahaan; Manajemen teknologi informasi; dan bidang manajemen relevan lainnya. ...