Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 6, No 1 (2025)

Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik yang dibelajarkan Melalui Model Pembelajaran Discovery dengan ECIRR Kelas XI MIPA pada Materi Pokok Asam Basa di SMAN 6 Makassar

Astuti, Yuli (Unknown)
Sulastry, Taty (Unknown)
Alimin, Alimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan metode quasy experiment menggunakan desain posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan melalui model pembelajaran discovery dengan ECIRR. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 6 Makassar yang terdiri dari enam kelas, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA6 sebagai kelompok eksperimen I dan kelas XI MIPA4 sebagai kelompok eksperimen II yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kelompok eksperimen I dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery sedangkan kelompok eksperimen II dibelajarkan dengan model pembelajaran ECIRR. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran discovery dan model pembelajaran ECIRR sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan persentase keterampilan berpikir kritis peserta didik kelompok eksperimen I yaitu 49,98% dan kelompok eksperimen II yaitu 24,42%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji mann-whitney diperoleh nilai Zhitung = 3,51 pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Ztabel = 1,64. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 6 Makassar yang dibelajarkan melalui model pembelajaran discovery dan model pembelajaran ECIRR pada materi pokok asam basa. ABSTRACT This research is a comparative study with the quasi experiment method using a post-test only control design that aims to determine the differences of students' critical thinking skills which is taught with discovery learning model and ECIRR model. The population is all class XI MIPA SMAN 6 Makassar which consists of 6 classes, while the sample were class XI MIPA6 as experimental I and class XI MIPA4 as experimental II. The independent variable are discovery learning model and ECIRR learning model and the dependent variable is student’s critical thinking skill. Data were analysed using descriptive statistics and inferential statistics. The analysis result showed the values' average percentage of critical thinking skill of experimental I was 49.98% and experimental II was 24.42%. The results of hypothesis testing using Mann-Whitney test values obtained at Z-count = 3.51 and significance level α = 0.05 obtained Z-table = 1.64. It shows that there is a difference of critical thinking skill of XI class student of SMAN 6 Makassar taught by discovery learning model and ECIRR model on acid base subject matter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...