Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media video pembelajaran dalam model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 18 Makassar pada materi pokok reaksi reduksi dan oksidasi. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 18 Makassar yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah peserta didik 34 orang perkelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Dimana kelompok eksperimen yaitu kelas X MIPA 2 dan kelompok kontrol adalah kelas X MIPA 1. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferential uji t. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 73.73 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 66.39. Hasil analisis statistik inferensial uji t tidak dapat digunakan karena hasil analisis menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik, Mann-Whitney dengan ∝ = 0,05 diperoleh Zhitung>Ztabel (2,72 >1,64). Berdasarkan hasil yang diperoleh ada pengaruh media Video Pembelajaran dalam model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X MIPA SMA Negeri 18 Makassar pada maeri reaksi reduksi dan oksidasi.
Copyrights © 2025