Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran komik pada model discovery learning terhadap minat dan hasil belajar kimia pada materi pokok koloid. Desain penelitian ini adalah posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 13 Makassar diambil sebanyak dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling dan terpilih kelompok eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 36 peserta didik dan kelompok kontrol yaitu kelas XI IPA 2 sebanyak 35 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh dari angket minat dan tes hasil belajar peserta didik. Data tersebut dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata minat dan hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t untuk pengujian minat belajar dan uji mann-whitney untuk pengujian hasil belajar. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik pada model discovery learning terhadap minat dan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI IPA SMAN 13 Makassar pada materi pokok koloid. Kata Kunci: Media komik, Minat belajar, Hasil belajar, Discovery Learning
Copyrights © 2025