Score
Vol 4 No 2 (2024): Score

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa pada Mata Kuliah Sport Tourism

Daya, Wawan Junresti (Unknown)
Hadinata, Reza (Unknown)
Oktadinata, Alek (Unknown)
Kurniawan, Alexander (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan literasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan sport tourism. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan pemahaman literasi mahasiswa terhadap mata kuliah sport tourism pada mahasiswa Magister Pendidikan Jasmani di Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional survey. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah Project Based Learning (PjBL), yang dihipotesiskan mampu meningkatkan minat dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket minat belajar mahasiswa yang disusun dalam skala Likert. Sampel penelitian berjumlah 11 mahasiswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat minat belajar mahasiswa terhadap mata kuliah sport tourism berada pada kategori tinggi, dengan persentase capaian sebesar 90,57%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL mampu menciptakan suasana belajar yang menarik, mendorong keterlibatan aktif, dan memperkuat literasi mahasiswa terhadap konten perkuliahan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pada pembelajaran sport tourism di tingkat pendidikan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

score

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Journal Score Journal Score publishes research on various aspects of sports and exercise science, including anatomy, biomechanics, performance analysis, physiology, psychology, sports nutrition, health and well-being, as well as talent and physical development and identification. ...