Perkembangan teknologi dalam industri perbankan berkembang dengan pesat. Setiap bank menyediakan sistem yang lebih baik dengan mengedepankan efisiensi dan efektifitas bagi nasabah, yaitu salah satunya dengan menyediakan layanan mobile banking (m-banking). Banyaknya jumlah mahasiswa Generasi Z di Indonesia menjadi peluang bagi setiap bank untuk memperkenalkan mobile banking yang dapat menggiring mereka untuk menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi penggunaan mobile banking pada mahasiswa di Bali dengan pendekatan Theory Acceptance Model (TAM). Metode penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online kepada 100 responden yaitu mahasiswa di Bali. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan Python. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor Compatibility with Lifestyle dan faktor Social Influence memiliki pengaruh signifikan terhadap Intention to Use mobile banking pada mahasiswa di Bali. Sementara Perceive Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap Intention to Use mobile banking pada mahasiswa di Bali. Dengan Hasil ini maka memberikan implikasi yang sangat penting bagi perbankan dalam merancang layanan mobile banking.
Copyrights © 2025