EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 11, No 1 (2025): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Lestari, Yuni Arti Anggun (Unknown)
Selegi, Susanti Faipri (Unknown)
Tanzimah, Tanzimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 06 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental Design. Desain dalam penelitian adalah Posttest- Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 06 Palembang. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas V.A yang berjumlah 30 siswa dan V.B berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Teknik uji coba instrumen penelitian menggunakan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Berdasarkan tes hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat diketahui bahwa hasil tes siswa kelas eksperimen dengan ketuntasan belajar siswa terdapat 20 orang siswa yang berada di atas KKM, dan 10 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Sedangkan hasil tes siswa kelas kontrol terdapat 3 siswa yang berada diatas KKM, dan 26 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Teknik analisis data dalam penelitian diolah menggunakan uji normalitas diperoleh nilai sig. 0.223 ≥ 0.05, selanjutnya uji homogenitas yaitu nilai sig. 0.180 ≥ 0.05, dan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai t hitung = 2.337 t tabel = 1.672. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima, berarti ada pengaruh signifikan model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar.Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Copyrights © 2025