An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Vol 17, No 1 (2025)

RETORIKA DAKWAH WAJDI AZIM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Ulfa, Marya (Unknown)
Muchlisoh, Lilis (Unknown)
Zuhriyah, Luluk Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Retorika dakwah adalah seni atau gaya berbicara seorang pendakwah (da’i) ketika menyampaikan ajaran Islam kepada public. Retorika dakwah adalah suatu hal yang mencangkup berbagai bentuk ucapan, symbol, lambang, serta penyampaian pesan dengan tujuan mengajak masyarakat pada ajaran Allah Media sosial banyak di manfaatkan oleh aktivis dakwah sebagai sarana penyampaian dakwahnya, seperti Wajdi Azim yang menyampaikan dakwahnya melalui media sosial Instagram. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan retorika dakwah Wajdi Azim di media sosial Instagram @wajdi_azim. Penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis, perkataan, dan perilaku dari objek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retorika dakwah Wajdi Azim di media sosial Instagram menggunakancara yang unik dan menarik perhatian masyarakat yaitu dengan cara mengkritik. Karena Jika  seorang da’i lebih dominan mengajak dan menyeru terhadap kebaikan, tapi tidak dengan pemilik akun Instagram @wajdi_azim yang penyampaian dakwahnya lebih tegas dan berani.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKIN

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam is a journal published by the faculty of da'wah and communication at Unisnu Jepara, aimed at creating and expanding innovations in the concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies of da'wah and communication, by publishing the results of research ...