Manajemen kesiswaan aspek penting dalam meningkatkan prestasi peserta didik di bidang akademik dan non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan kendala dalam manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Negeri Berau. Penelitian ini pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dilaksanakan di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 4 Berau, teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Analisis data juga mengunakan analisis Pencocokan Pola dari Yin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kedua SMA tersebut pada tahap perencanaan memiliki strategi yang jelas dalam mengelola perekrutan peserta didik baru, pembinaan akademik dan non-akademik. Pada tahap pengorganisasian menunjukkan adanya struktur kerja yang teratur dan koordinasi yang baik di dalam sekolah. Pada tahap pelaksanaan program yang telah dirancang dijalankan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Pada tahap evaluasi berjalan dengan baik untuk memastikan efektivitas program yang dijalankan. Berdasarkan pencocokan pola, maka pola empiris sesuai dengan pola teoritis yang telah diprediksi sebelumnya dalam manajemen kesiswaan. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem pengelolaan kesiswaan di kedua sekolah telah diterapkan secara efektif, sehingga berdampak positif terhadap mutu pendidikan.
Copyrights © 2025