Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengenalan huruf Hijaiyah sebagai stimulan awal dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan kosa kata pada anak usia 2-3 tahun di KB IT Ash Shiddiqy. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi langsung, wawancara dengan guru, dan tes pre dan post-intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengenalan huruf Hijaiyah yang diterapkan melalui pendekatan multisensori dan pembelajaran berbasis bermain secara signifikan meningkatkan jumlah kosa kata yang dikuasai oleh anak-anak. Rata-rata jumlah kosa kata yang dikuasai anak meningkat dua kali lipat setelah mengikuti program pengenalan huruf Hijaiyah. Selain itu, anak-anak menunjukkan peningkatan motivasi dan minat belajar yang tinggi serta keterlibatan aktif dari orang tua dalam mendukung proses belajar di rumah. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengenalan huruf Hijaiyah dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Oleh karena itu, implementasi metode ini di lembaga pendidikan anak usia dini dapat dipertimbangkan untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak.
Copyrights © 2025