Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2025): APRIL 2025 : LENTERA ANAK

Peningkatan Kemampuan Kreativitas Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Menggambar Dan Mewarnai Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)

Mugirah, Mugirah (Unknown)
Setyowahyudi, Rendy (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan menggambar dan mewarnai dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak (TK) Cempaka PGRI Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen.Penelitian ini melibatkan 16 anak usia 4-6 tahun sebagai subjek penelitian. Secara umum peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar anak dalam menggambar dan mewarnai melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam kegiatan menggambar dan mewarnai dapat meningkatkan kreativitas anak dalam hal imajinasi, ekspresi diri, serta keterampilan motorik halus Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL efektif dalam meningkatkan kreativitas anak dalam kegiatan menggambar dan mewarnai. Oleh karena itu, penerapan metode ini sangat direkomendasikan bagi pendidik dan orang tua untuk meningkatkan potensi kreativitas anak sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jla

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lentera Anak merupakan jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini yang diterbitkan berkala setiap 6 bulan sekali oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. jurnal ini berisikan tentang hasil penelitian, hasil kajian ...