JD Edwards (JDE) bisa menjadi solusi yang efektif bagi masyarakat, terutama perusahaan, dalam mengelola berbagai proses bisnis secara terintegrasi. Dalam penerapannya permasalahan yang terjadi dalam proses penginputan invoice pembelian pada JDE di PT Bagas Bumi Persada yaitu sering kali invoice tidak dapat dimasukan kedalam JDE karena adanya dokumen yang tidak lengkap dan tidak sesuai. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam pencatatan dan pengelolaan data keuangan. Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini dengan menggunakan deskriptif & kualitatif dengan menggunakan teknik yaitu pengamatan langsung dan wawancara dengan pihak terkait di PT Bagas Bumi persada. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penginputan invoice menggunakan JDE meningkatkan efisiensi dan akurasi data, namun hambatan utama yang ditemukan adalah ketidaksesuaian dokumen pendukung yang menyebabkan keterlambatan proses penginputan. Solusi yang diajukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan koordinasi antar departemen di perusahaan untuk memastikan dokumen pendukung sudah tersedia dan sesuai sebelum proses penginputan dilakukan. Melakukan pelatihan rutin bagi staf terkait juga dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang JDE dan pengelolaan dokumen. Dengan adanya perbaikan dalam proses ini, diharapkan pengelolaan dokumen keuangan akan lebih efisien dan akurat. Hasil dari pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi masyarakat juga perusahaan lainnya dalam mengoptimalkan proses pengelolaan dokumen keuangan mereka menggunakan sistem JDE.
Copyrights © 2025