Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4, No 2 (2025): July 2025

Analisis Strategi Guru dalam Mengembangkan Literasi dan Numerasi Matematika Siswa SMAN 21 Bone

Nurhaerani, Nurhaerani (Unknown)
Trisnowali MS, Andi (Unknown)
Aspikal, Aspikal (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan literasi dan numerasi matematika siswa SMAN 21 Bone. Data yang diperoleh merupakan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 21 Bone menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan literasi dan numerasi  matematika yaitu dengan mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari, memberikan kesempatan kepada siswa untuk merepresentasikan kembali hasil pengerjaannya didepan kelas dan juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menarik kesimpulan dengan logis, Guru juga menggunakan alat peraga atau media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam mengembangkan literasi dan numerasi matematikanya. Guru juga sering memberikan contoh soal yang isinya membutuhkan literasi dan numerasi, dengan demikian akan membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi matematikanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aurelia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia is published twice a year: January and July. E-ISSN: 2964-2493 (Elektronik) P-ISSN: 2962-0430 (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, S.Pd., M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata Receive articles from research and ...