Pembangunan infrastruktur transportasi menjadi fokus utama pemerintahIndonesia dalam meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di tingkatregional dan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji daya dukung danpenurunan pondasi pada Jembatan STA. 8+689 Proyek Jalan Tol Kulon Progomenggunakan metode Mayerhof, Reese & O'Neil, serta analisis dengan programPLAXIS 8.6. Data lapangan diperoleh melalui pengumpulan langsung dan datasekunder termasuk gambar shop drawing, nilai Standart Penetration Test (SPT),dan hasil uji Pile Driving Analyzer (PDA). Analisis dilakukan dengan mengolahdata lapangan secara sistematis, termasuk investigasi tanah, identifikasi jenistanah, dan estimasi daya dukung tiang pondasi. Hasil analisis gaya pada jembatanmenggunakan MIDAS CIVIL 2022 memberikan pemahaman tentang gaya-gayayang bekerja pada struktur jembatan. Selain itu, perhitungan penurunan tiangtunggal dan kelompok dilakukan menggunakan Metode Mayerhof dan Reese &O'Neil, serta menggunakan program PLAXIS 8.6. Hasil analisis menunjukkanbahwa beban maksimum pada pondasi jembatan adalah 79264.940 kN, dengandaya dukung kelompok tiang pondasi sebesar 57538.80 kN (metode Mayerhof) dan50518.39 kN (metode Reese & O'Neil). Penurunan pondasi tiang bor berkisarantara 0,057 m hingga 0,095 m, dengan pengurangan penurunan oleh PLAXIS 8.6menjadi 0,086 m. Analisis keselamatan pondasi menunjukkan bahwa konstruksijembatan aman untuk dilaksanakan.Kata Kunci: Infrastruktur Transportasi, Proyek Jalan Tol, Daya DukungPondasi, Penurunan Pondasi, Metode Analisis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024