Dalam perencanaan bangunan sangat penting untuk memperhatikan struktur fondasi sepertipada proyek Jalan Tol Semarang - Demak Paket 1A yang berlokasi Kec. Genuk, KotaSemarang, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan daya dukung lateral,aksial dan penurunan dari fondasi tiang spun pile.Metodologi penelitian ini menggunakan aplikasi SAP 2000 untuk menghitung pembebanan.Untuk mengitung daya dukung fondasi menggunakan metode manual yaitu Metode Mayerhof,Tomlinson, Resse & Wright dikomparasi dengan software Allpile dan hasil uji PDA Test.Dalam Analisa daya dukung fondasi spun pile dengan diameter 100 cm yang dihitung secaramanual, diperoleh nilai daya dukung tiang tunggal (Qu) sebesar 9501,238 kN, nilai daya dukungijin tiang tunggal (Qall) sebesar 3800,495 kN dan daya dukung ijin tiang kelompok 68549,05kN. Daya dukung Lateral pada fondasi menggunakan Metode Broms pada tiang tunggal ujungbebas sebesar 23,181 kN sedangkan tiang ujung jepit sebesar 45,216 kN. Analisa penurunanyang terjadi akibat beban aksial pada fondasi secara manual di dapat nilai penurunan total0,0232 m dengan batas nilai penurunan yang diijinkan yaitu 0,1 m. Analisa penurunan fondasimenggunakan hasil PDA Test diperoleh sebesar 0,02 m dan analisa penurunan fondasimenggunakan program Allpile sebesar yaitu 0,0687 m.Kata Kunci: Axial; Lateral; Manual; Tol Semarang – Demak.
Copyrights © 2024