GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 03 (2025): JUNI 2025

LINGKUNGAN TPQ SEBAGAI SARANA INTERNALISASI NILAI AKHLAK MULIA PADA ANAK DI TPQ AL IKHLAS KOTA BENGKULU

fadlilah, Andini (Unknown)
Fitria, Ririn (Unknown)
Nurizati, Mujahidah (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat peran lingkungan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai sarana internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak-anak. Mitra dalam kegiatan ini adalah TPQ Al Ikhlas Kota Bengkulu yang selama ini dikenal aktif dalam pembinaan karakter anak berbasis nilai-nilai Islam. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta pendampingan langsung dalam aktivitas pembelajaran dan pembiasaan keagamaan. Sasaran kegiatan meliputi ustadz/ustadzah, peserta didik kelas dasar, dan pengelola TPQ. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa lingkungan TPQ yang terstruktur dan religius memberikan kontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak melalui berbagai kegiatan seperti salat berjamaah, tilawah rutin, serta kegiatan edukatif Islami lainnya. Keteladanan ustadz/ustadzah juga terbukti efektif dalam membentuk perilaku positif anak-anak. Internalisasi nilai dilaksanakan secara bertahap melalui proses transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model penguatan karakter anak melalui optimalisasi lingkungan TPQ.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...