Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat peran lingkungan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai sarana internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak-anak. Mitra dalam kegiatan ini adalah TPQ Al Ikhlas Kota Bengkulu yang selama ini dikenal aktif dalam pembinaan karakter anak berbasis nilai-nilai Islam. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta pendampingan langsung dalam aktivitas pembelajaran dan pembiasaan keagamaan. Sasaran kegiatan meliputi ustadz/ustadzah, peserta didik kelas dasar, dan pengelola TPQ. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa lingkungan TPQ yang terstruktur dan religius memberikan kontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak melalui berbagai kegiatan seperti salat berjamaah, tilawah rutin, serta kegiatan edukatif Islami lainnya. Keteladanan ustadz/ustadzah juga terbukti efektif dalam membentuk perilaku positif anak-anak. Internalisasi nilai dilaksanakan secara bertahap melalui proses transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model penguatan karakter anak melalui optimalisasi lingkungan TPQ.
Copyrights © 2025