Efada : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 1 (2024): Mei

Peningkatan Hafalan Juz 30 Melalui Muroja’ah di SD Muhammadiyah Unggulan Al-Fatih Patuk Yogyakarta

Rosidi, Farid (Unknown)
Jumardi, Jumardi (Unknown)
Hermawan, Hermawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penghafalan Al-Qur'an merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan muroja'ah sebagai metode untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an Juz 30 di SD Muhammadiyah Unggulan Al-Fatih Patuk Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hafalan Al- Qur'an terutama Juz 30. Kelompok yang melakukan kegiatan muroja'ah sebelum memulai pembelajaran menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam kemampuan hafalan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kegiatan muroja'ah dapat efektif digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang efektivitas metode pengajaran Al-Qur'an di lingkungan pendidikan formal, khususnya di tingkat sekolah dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya memasukkan kegiatan muroja'ah ke dalam kurikulum pendidikan agama untuk meningkatkan prestasi hafalan Al-Qur'an siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Efada

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Efada : Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan dua kali dalam satu tahun sejak tahun 2024 yaitu di bulan Mei dan November. Efada berasal dari bahasa Arab "ifaadatun" yang berarti memberikan faedah atau pelajaran. Jurnal ini menerbitkan artikel dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan ...