Penghafalan Al-Qur'an merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan muroja'ah sebagai metode untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an Juz 30 di SD Muhammadiyah Unggulan Al-Fatih Patuk Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hafalan Al- Qur'an terutama Juz 30. Kelompok yang melakukan kegiatan muroja'ah sebelum memulai pembelajaran menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam kemampuan hafalan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kegiatan muroja'ah dapat efektif digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang efektivitas metode pengajaran Al-Qur'an di lingkungan pendidikan formal, khususnya di tingkat sekolah dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya memasukkan kegiatan muroja'ah ke dalam kurikulum pendidikan agama untuk meningkatkan prestasi hafalan Al-Qur'an siswa.
Copyrights © 2024