Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi digital dalam mendorong literasi anak di era 4.0 melalui studi kasus YouTube Bincang Online Inspiratif Seri 251 yang mengangkat tema “Mimpiku untuk Indonesia: Aku Bisa, Aku Hebat!” dalam rangka Hari Buku Anak Sedunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta wawancara mendalam dengan informan dan key informan. Informan terdiri dari orang tua dan guru yang menjadi penonton aktif konten tersebut, sementara key informan adalah penyelenggara dan narasumber utama dari acara Bincang Online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi digital yang diterapkan mencakup penggunaan bahasa yang inspiratif dan mudah dipahami anak, visual yang menarik, serta pendekatan edutainment yang menggabungkan unsur hiburan dan pendidikan. Pemilihan tema yang dekat dengan dunia anak, keterlibatan tokoh yang relevan, serta interaktivitas di platform YouTube turut memperkuat efektivitas pesan literasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi digital yang dirancang secara strategis dapat menjadi sarana yang efektif dalam membentuk minat baca dan karakter anak di era digital. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan konten digital literasi yang lebih partisipatif dan inklusif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025