Stilistika
Vol. 13 No. 2 (2025): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni

ETNOPEDAGOGI DALAM CERITA NI DIAH TANTRI: STRATEGI KREATIF MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Sritaman, Ni Luh (Unknown)
Suastra, I Wayan (Unknown)
putu.arnyana@undiksha.ac.id (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah literasi membaca di Indonesia adalah dengan menggunakan sastra lokal. Masyarakat Bali memiliki banyak karya sastra lokal, salah satunya adalah cerita Ni Diah Tantri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pemanfaatan cerita rakyat Ni Diah Tantri sebagai strategi kreatif yang menggunakan kearifan lokal atau kajian Etnopedagogi untuk meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan Etnopedagogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita Ni Diah Tantri adalah karya sastra klasik masyarakat Bali yang masih dibaca oleh siswa sekolah dasar hingga saat ini. Empat strategi yang disarankan untuk meningkatkan literasi baca adalah membiasakan diri membaca, mengadakan ruang pojok baca, mengadakan kompetisi mesatua, dan melakukan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

stilistika

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Perkembangan dan dinamika ilmu pengetahuan, termasuk salah satunya ilmu pendidikan bahasa dan seni sangatlah pesat. Perlu sebuah wadah untuk menampung dan menyebarluaskan kemajuan ilmu pendidikan bahasa dan seni secara berkesinambungan agar dapat mengedukasi masyarakat. Civitas akademika FKIP ...