Abstrak. Peranan guru dalam menghadapi tantangan dan peluang era 4.0 dituntut untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan, sehingga guru secara profesional siap melayani peserta didik dari generasi milenial dalam hal pedagogi, keterampilan digital, literasi dasar, literasi teknologi, literasi manusia, pendidikan karakter, dan kemampuan bertahan hidup. Dalam proses belajar, siswa mudah bosan dan sulit menyerap materi yang diajarkan oleh guru. Selain itu, aplikasi sebagai media penunjang belajar juga tidak dimanfaatkan oleh guru dengan alasan keterbatasan informasi dan fasilitas. Oleh karena itu, pelatihan media pembelajaran untuk meningkatkan profesionalisme guru dilaksanakan khususnya di SMK-Pembangunan Pertanian Negeri Rea Timur. Adapun bentuk pendekatannya menerapkan metode partisipasi kelompok mitra yang meliputi observasi, sosialisasi, praktik, konsultasi, pendampingan, dan evaluasi. Data hasil pengisian angket dan instumen pre-test post-test, maupun informasi terkait wawancara dan dokumentasi dikumpulkan untuk dilakukan analisis dengan metode deskriptif, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi digital efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta sebesar 82,5%. Peserta memperoleh manfaat dari pelaksanaan kegiatan pelatihan media pembelajaran. Kata kunci: Media, Pelatihan, Pendampingan, Profesionalisme Guru, Teknologi
Copyrights © 2025