Jurnal Teknik Informatika
Vol. 5 No. 1 (2025)

Pengaruh Implementasi CRM Berbasis Csat Terhadap Efektivitas Penjualan Di Kopi Muria Zayna

Pramana, Doni (Unknown)
Arif Setiawan (Unknown)
Yudie Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Kopi Muria Zayna, produsen kopi rumahan di Indonesia, menghadapi tantangan dalam meningkatkan penjualan bulanan serta menjaga hubungan yang optimal dengan pelanggan. Salah satu penyebab utama adalah kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem penjualan yang ada, serta rendahnya tingkat kepuasan pelanggan yang tidak terukur secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis Customer Satisfaction Score (CSAT) pada sistem penjualan berbasis web di Kopi Muria Zayna. Melalui metode observasi, wawancara, dan studi pustaka, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana penggunaan teknologi informasi dapat memperkuat hubungan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CRM berbasis CSAT dapat memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan penjualan bulanan dan kepuasan pelanggan, sekaligus meningkatkan efisiensi dalam pemantauan dan pengelolaan data pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan dalam memperbaiki kinerja penjualannya serta membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEKIN

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JEKIN-Jurnal Teknik Informatika: diterbitkan tiga kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah untuk membantu akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mensosialisasikan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal JEKIN adalah untuk mempublikasikan ...