Jurnal Teknik Informatika
Vol. 5 No. 2 (2025)

Implementasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jemaah Haji Menggunakan Metode KNN (K-Nearest Neighbor)

Julianti (Unknown)
Sitorus, Zunaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Kualitas pelayanan jemaah haji merupakan faktor penting dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan pelaksanaan ibadah haji. Namun, penilaian terhadap kualitas pelayanan tersebut sering kali bersifat subjektif dan tidak berbasis data. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem klasifikasi kualitas pelayanan jemaah haji menggunakan metode K-Nearest Neighbor (K-NN), dengan atribut utama meliputi pelayanan petugas, penginapan, konsumsi, dan transportasi. diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: Baik, Cukup Baik, dan Kurang Baik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode ini mampu memberikan akurasi yang cukup tinggi dalam mengklasifikasikan tingkat pelayanan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari BPS (Badan Pusat Statistik) berdasarkan data yang akurat yang merupakan hasil dari survei dengan pengisian kuesioner secara langsung dan mandiri kepada Jemaah. Penelitian dilakukan dengan 100 dataset, 80 data latih dan 20 data testing, hasil Akurasi 55.00% dari 20 data testing dan hasil perhitungan klasifikasi tingkat kualitas pada layananan yang diberikan, berdasarkan dari K=5 tetangga terdekat  klasifikisanya “Cukup Baik”. Implementasi sistem ini diharapkan dapat membantu pihak terkait dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji secara lebih objektif dan berbasis data.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEKIN

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JEKIN-Jurnal Teknik Informatika: diterbitkan tiga kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah untuk membantu akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mensosialisasikan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal JEKIN adalah untuk mempublikasikan ...