AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol. 12 No. 1 (2025)

PENINGKATAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL

Arianda, Tarisa (Unknown)
Lestari, Nurcholif Diah Sri (Unknown)
Setiawani, Susi (Unknown)
Indiyawati, Wiwik (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menyajikan suatu permasalahan kontekstual sehingga peserta didik dapat mengontruksi pengetahuan dan pemahamannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan TaRL untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika pada materi bilangan bulat kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Tindakan yang dilakukan yaitu menerapkan pembelajaran PBL secara berkelompok. Satu kelas dibagi menjadi 8 kelompok berdasarkan hasil asesmen diagnostik terkait penguasaan materi prasyarat, kelompok 1-2 dengan kemampuan tinggi menyelesaikan masalah secara mandiri, kelompok 3-6 dengan kemampuan sedang menyelesaikan permasalahan secara mandiri dan boleh bertanya kepada pendidik ketika menemui kesulitan. Kelompok 7-8 dengan kemampuan rendah, menyelesaikan permasalahan dengan bimbingan dan scaffolding dari pendidik. Hasil penelitian pada 40 peserta didik menunjukkan pada pra siklus kemampuan literasi matematika peserta didik masih dominan berada pada tingkat rendah-sedang dengan rata – rata hasil tes pra siklus 46,75 , siklus I sebesar 69,33 , siklus II sebesar 87,35. Berdasarkan hasil rata – rata tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika pada materi bilangan bulat kelas VII.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...