Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 11 No. 1 (2025): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Korelasi Gaya Belajar dengan Kompetensi Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar

Aziz, Abdul (Unknown)
Hadi, Yul Alfian (Unknown)
Rodiyah, Hadiahtul (Unknown)
Marsa Ibrahim, Doni Septu (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi atau hubungan gaya belajar siswa dengan kompetensi membaca siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Adapaun sampel penelitian terdiri dari 30 siswa yang telah dipilih, menggunakan Teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner gaya belajar Visual, Audiotery, dan Kinestetik ) serta menggunakan tes literasi membaca. Analisis dilakukan menggunakan korelasi person untuk mengatur hubungan antara gaya belajar dan komptensi literasi membaca siswa. Adapaun hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki dominan gaya belajar visual memiliki hubungan signifikan dengan kompetensi literasi membaca, dengan nilai korelasi Pearson atau r_hitung gaya belajar visual sebesar 0,501> r_tabel = 0,361. Sedangkan siswa yang memiliki dominan gaya belajar auditory r_hitung sebesar 0,273 < r_tabel = 0,361. Dan gaya belajar siswa dominan kinestetik r_hitung sebesar 0,278 < r_tabel= 0,361. Dapat di simpulkan bahwa siswa dengan dominan dengan gaya belajar visual cenderung memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditory dan kinestetik. Sebaliknya, gaya belajar auditory dan kinestetik tidak menunjukkan hubungan signifikan dengan kompetensi literasi membaca. Namun kombinasi gaya belajar siswa harus tetap dilakukan dalam proses pembelajaran, dikarnakan gaya belajar siswa masih memerlukan dukungan dari indra yang lainnya.

Copyrights © 2025