Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi solusi terhadap permasalahan siswa dalam belajar matematika, yaitu kesulitan dalam memahami materi yang berujung pada kurangnya motivasi belajar dan rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan design thinking yang terdiri dari lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitian ini memfokuskan pada tiga tahapan awal yaitu empathize, define dan ideate untuk menggali kebutuhan siswa dan guru serta menciptakan ide solusi yang sesuai. Populasi penelitian terdiri dari siswa di SMA Theresiana 1 Semarang, SMA IT Harapan Bunda Semarang, dan SMAN 9 Semarang dengan sampel sebanyak 111 siswa. Untuk guru matematika dari SMA Theresiana 1 Semarang, SMA IT Harapan Bunda Semarang, SMAN 3 Semarang, dan SMAN 9, dengan sampel penelitian sebanyak 6 guru. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan menggunakan Google Form dan wawancara. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan metode  dengan dukungan media interaktif yang dapat diakses secara online. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti merancang pengembangan media interaktif seperti Google Site atau EdPuzzle menggunakan model pembelajaran PBL atau flipped classroom  berbasis design thinking untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong partisipasi aktif dalam pembelajaran matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025