Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (April - Mei 2025)

Edukasi Gangguan Mental Identitas Disosiatif Melalui Karya Webtoon untuk Remaja

Cahyaningtyas, Melia (Unknown)
Murtono, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Gangguan kejiwaan, termasuk dissociative identity disorder, merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius dan marak di dunia. Tetapi terlepas dari banyaknya kasus yang terjadi, DID masih dianggap tabu dan penderitanya masih sering menjadi sasaran banyak perilaku dan stigma negatif dari masyarakat. Oleh karena itu perlu dilakukan sesuatu untuk mengubah stigma negatif ini, salah satunya melalui edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang DID. Tetapi melihat tingkat literasi di Indonesia yang masih rendah, perlu dipilih media belajar alternatif supaya edukasi lebih efektif dipahami, yaitu menggunakan media webtoon. Penelitian ini adalah peneltian pengembangan (reserach and development), dan melalui penelitian ini akan dibuat media edukasi DID untuk remaja berupa webtoon dengan judul “Fantasi Ralana” menggunakan model pengembangan 4D. Remaja dipilih menjadi sasaran utama edukasi karena berada di umur yang dinamis sekaligus rentan menghadapi persoalan gangguan kejiwaan. Hasil yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa webtoon ini efektif dalam mengedukasi masyarakat terutama remaja mengenai kesehatan jiwa termasuk DID.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...