Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah model pembelajaran yang lebih cenderung bersifat menggunakan rumus dan kurang menghubungkannya dengan aktivitas sehari-hari siswa yang terjadi di kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika menganyam orang Mollo untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara pada materi pola bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis & McTaggrat, dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu : Perencanaan (planning), Pelaksanaan Tindakan (action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran Matematika Realistik berbasis etnomatematika menganyam Orang Mollo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMP Kristen 1 Mollo Utara pada materi pola bilangan. Hal ini dibuktikan dengan presentase belajar siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 60% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,67%. Oleh karena itu, saran bagi guru-guru di Mollo Utara untuk menggunakan pendekatan ini dalam pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2025