Haumeni Journal of Education
Vol 5 No 1 (2025): Edisi Juni 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA KUPANG

Yosefia, Rosiana (Unknown)
Tokan, Moses Kopong (Unknown)
Dhani, Arini Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Maret dan 14 Maret 2025 di SMP Negeri 11 Kupang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara sikluitas yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi., penelitian ini telah dilakukan dalam dua siklus. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan observasi Keterampilan guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem ekskresi pada manusia dapat meningkatkan hasil siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kupang. Terbukti pada siklus I hasil belajar peserta didik 51,85% pada siklus II 81,48% dengan kategori baik, kualifikasi tuntas dan aktivitas peserta didik siklus I 68,75% pada siklus II 90,62% dengan peningkatan sebesar 21,87% kategori sangat baik, kualifikasi berhasil. Sedangkan untuk keterampilan guru (peneliti) siklus I 76,56% pada siklus II 92,18% dengan kategori sangat baik kualifikasi berhasil.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...