SIGMA: Information Technology Journal
Vol 15 No 2 (2024): September 2024

Sistem It Helpdesk Quality Assurance Berbasis Web Dengan Pendekatan Total Quality Management (Tqm) Studi Kasus Di Pt Sinergi Informatika Semen Indonesia (Sisi)

Aning Risky Montana (Unknown)
Asep Muhidin (Unknown)
Maulana, Donny (Unknown)
Karsito (Unknown)
Lisa Kustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi sistem Quality Assurance (QA) IT Helpdesk berbasis web di PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) dengan pendekatan Total Quality Management (TQM). Penelitian ini mengidentifikasi berbagai tantangan dalam proses QA manual, seperti inefisiensi, kurangnya transparansi, dan ketidakkonsistenan kualitas layanan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan aplikasi berbasis web menggunakan Python dan framework Django, serta mendukung desain sistem dengan diagram UML seperti use case, activity, sequence, class, dan deployment. Sistem ini dirancang untuk merampingkan proses QA, meningkatkan efisiensi pemberian layanan, serta memastikan kepatuhan terhadap prinsip TQM. Hasil implementasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kualitas layanan, transparansi operasional, dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan berkelanjutan guna memperkuat dukungan terhadap tujuan strategis perusahaan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SIGMA: Information Technology Journal merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Pelita Bangsa sebagai salah satu wadah publikasi bagi dosen-dosen yang memiliki penelitian ilmiah di bidang Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistim Informasi, Artificial ...