Segmentasi pelanggan merupakan strategi penting dalam penjualan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan secara lebih spesifik. PT. Sansyu Precision Indonesia, sebuah perusahaan manufaktur, merencanakan pengadaan material dan jadwal produksi berdasarkan data estimasi yang diberikan oleh pelanggan. Namun, analisis data penjualan yang besar dan beragam membutuhkan waktu yang lama serta metode yang kompleks, sehingga sulit untuk menghasilkan informasi secara tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran di PT. Sansyu Precision Indonesia dengan menggunakan metode clustering K-Means. Teknik data mining ini diterapkan pada data penjualan untuk mengidentifikasi rekomendasi produk slow moving, yang mendorong pelanggan untuk mengambil produk yang telah diproduksi berdasarkan estimasi data material. Studi ini menggunakan data riwayat pelanggan yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan algoritma K-Means untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang berbeda berdasarkan karakteristik tertentu. Setelah segmentasi dilakukan, strategi pemasaran yang disesuaikan diusulkan untuk setiap segmen guna meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Hasil segmentasi ini juga dapat menjadi acuan bagi departemen PPIC (Production Planning and Inventory Control) untuk menyesuaikan volume produksi dan menentukan persentase stok aman di gudang berdasarkan tingkat frekuensi pembelian. Selain itu, hasil ini juga mendukung departemen Pengadaan dalam pembelian material produksi secara efisien. Temuan dari penelitian ini menekankan pentingnya analisis segmentasi pelanggan dalam mengarahkan strategi penjualan yang lebih terarah dan efektif di PT. Sansyu Precision Indonesia.
Copyrights © 2025