Pembelajaran seni budaya terkhusus seni tari, memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas dari seorang peserta didik terutama di kelas V, dengan penggunaan pendekatan STEAM dapat membantu dalam meningkatkan kreativitas dari peserta didik. Oleh karenanya, dilakukan penelitian untuk mengetahui penerapan seni tari berbasis STEAM dalam mengeksplorasi kreativitas peserta didik di kelas V dan faktor yang mempengaruhi penerapan proyek seni tari berbasis STEAM dalam mengeksplorasi kreativitas. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experiment dipilih untuk membuktikan dugaan tersebut, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 67 peserta didik di kelas V. Hasil uji mann-whitney memperoleh kriteria 0,00 < 0,05, yang mana lebih rendah taraf signifikan maka H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara proyek seni tari berbasis STEAM dalam mengeksplorasi kreativitas peserta didik kelas V MI Sains Al Hidayah Kota Sorong. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kreativitas pada kelas eksperimen sebesar 39%, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 19,5% Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan terkait penerapan proyek seni tari berbasis STEAM dalam mengeksplor kreativitas peserta didik pada kelas V berhasil mengalami peningkatan.
Copyrights © 2025