Literasi keuangan digital menjadi keterampilan penting di era digital yang berkembang pesat saat ini, terutama bagi generasi muda. Anak-anak, khususnya siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)Kesuma Sari Sesetan, dihadapkan pada berbagai aplikasi dan platform digital yang memungkinkan mereka untuk mengelola keuangan secara lebih praktis dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanliterasi keuangan digital di kalangan siswa sekolah, khusunya siswa SMP Kesuma Sari Sesetan, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman dan penerapan literasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka. Metode yang digunakan adalah simulasi penerapan aplikasi pengelola keuangan yang dipraktekan kepada siswa SMP di Desa Sesetan, di SMP Kesuma Sari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar siswa telah familiar dengan penggunaan aplikasi keuangan digital, banyak dari mereka yang masih kurang memahami aspek-aspek dasar pengelolaan keuangan, seperti perencanaan anggaran, menabung, dan investasi. Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa kurangnya pendidikan formal mengenai literasi keuangan digital di sekolah menjadi salah satu hambatan utama. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pentingnya integrasi literasi keuangan digital dalam kurikulum sekolah untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan keuangan di dunia digital
Copyrights © 2025