Jurnal Family Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Family Education

Hubungan Minat Menghafal Al-Qur’an Dengan Disiplin Menghafal Al-Qur’an Pada Peserta Didik RTQ Tuo Surau Tilatang Kamang Agam

Pratiwi, Hana (Unknown)
Sunarti, Vevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) bagaimana minat peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, 2) bagaimana disiplin peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, dan apakah terdapat hubungan antara minat menghafal Al-Qur’an dengan disiplin menghafal Al-Qur’an pada peserta didik Rumah Tahfidz Qur’an Tuo Surau (RTQTS) Tilatang Kamang Agam. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Rumah Tahfidz Qur’an Tuo Surau (RTQTS) Tilatang Kamang Agam pada periode semester Juli s.d Desember 2024 sebanyak 35 orang. Sementara sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sebanyak 80%. Jadi, jumlah sampel seluruhnya 28 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data memakai rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an dikategorikan rendah, 2) disiplin peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an dikategorikan rendah, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat menghafal Al-Qur’an dengan disiplin menghafal Al-Qur’an pada peserta didik Rumah Tahfidz Qur’an Tuo Surau (RTQTS) Tilatang Kamang Agam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jfe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Family Education is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Negeri Padang . ISSN: 2808-9669 (Electronic)This journal publish (February, May, Agust, November). The main focuses of this journal are the Administration of Education, Guidance and Counseling, ...