Siti Winda Adriani. 2025. Hubungan antara Stimulasi Bahasa oleh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di RW 04 Kelurahan Alang Laweh. Skripsi. Fakultas Ilmu. Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berbahasa anak usia 4–5 tahun yang ditemukan di RW 04 Kelurahan Alang Laweh, rendahnya perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun mempengaruhi perkembangan bahasa dan komunikasi anak dengan orang lain. yang diduga berkaitan dengan rendahnya stimulasi bahasa yang diberikan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana orang tua memberikan stimulasi bahasa kepada anak usia 4–5 tahun serta menganalisis hubungan antara stimulasi tersebut dengan perkembangan bahasa anak di wilayah RW 04 Kelurahan Alang Laweh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian terdiri dari 39 Ibu yang memiliki anak berusia 4–5 tahun, dengan jumlah sampel sebanyak 24 ibu yang berdomisili di RW 04 Kelurahan Alang Laweh. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase dan metode rank order untuk mengukur hubungan antar variabel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) Stimulasi bahasa oleh orang tua pada anak dikategorikan rendah; (2) Perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun dikategorikan kurang berkembang, dan; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara stimulasi bahasa oleh orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di RW 04 Kelurahan Alang Laweh.
Copyrights © 2025