Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara Edisi April - Juni

Strategi Pemasaran pada UMKM Rengginang Bu Suminah

Agustin, Lelly Rahma (Unknown)
Musthofa, Hafiz Saifuddin (Unknown)
Maharanie, Sheptya Zoya (Unknown)
Rifa'i, Ahmad (Unknown)
Navilla, Rizka Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan pemasaran produk UMKM Rengginang milik Ibu Suminah di Desa Pandansari, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah belum adanya label kemasan yang menarik dan belum optimalnya pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. Kegiatan dilakukan melalui empat tahapan, yaitu observasi, perancangan, pelatihan, dan evaluasi. Solusi yang diberikan mencakup pembuatan desain label kemasan dan pembukaan akun Facebook bisnis untuk promosi digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan daya tarik visual produk melalui label kemasan yang informatif dan profesional, serta meningkatnya jangkauan pemasaran melalui interaksi digital di Facebook. Pelatihan dan pendampingan juga meningkatkan kemampuan mitra dalam mengelola promosi online. Meski masih terdapat tantangan dalam pemahaman teknologi dan keterbatasan jangkauan promosi, kegiatan ini memberikan dampak positif dan menjadi dasar pengembangan UMKM yang lebih modern dan kompetitif di masa mendatang

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...